Bawang Putih

Tahukah anda, penghasil bawang putih terbesar di Indonesia? Tahukah anda mamfaat mamfaat bawang putih selain untuk bumbu dapur? tahukah anda, bawang putih berasal dari mana? tahukah anda, mengapa di sebut bawang ini bawang putih?

Mamfaat bawang putih, sebenarnya sangat banyak tidak hanya untuk bumbu dapur saja, bawang putih dapat di olah untuk keperluan atau bahan pengobatan lainnya. Berikut ini adalah artikel untuk membahas mamfaat lain dari bawang putih.

Penduduk Sumatera Barat juga selalu menggunakan bawang putih untuk bumbu maskahan mereka, dimana seperti yang kita ketahui masakan Padang atau sumatera barat enak dan nikmat di mulut.

 Mamfaat Bawang Putih, Bawang putih lebih di kenal orang sebagai bahan bumbu dapur, masayarakat kita Indonesia, selalu menggunakan bawang putih sebagai bahan campuran bumbu untuk masakan, baik untuk daging maupun sayur. Kalau untuk bumbu daging biasanya bawang putih di haluskan terlebih dahulu sedangkan untuk sayur bawang putih di iris tipis, sayuran yang seperti ini disebut sayur tumis.

Bawang putih merupakan tanaman umbi, jadi yang digunakan adalah umbinya, umbinya yang biasa digunakan untuk bahan bumbu dapur. Bawang putih mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur.


Khasiat atau Manfaat Bawang Putih (Garlic) sebagai pengobatan untuk :

1. Mamfaat bawang putih untuk Hipertensi atau tekanan darah tinggi
2. Mamfaat bawang putih untuk Sakit kepala
3. Mamfaat bawang putih untuk Asma
4. Mamfaat bawang putih untuk Disentri
5. Mamfaat bawang putih untuk Batuk rejan dan bronkhitis
6. Mamfaat bawang putih untuk Borok
7. Mamfaat bawang putih untuk Luka karena benda tajam berkarat
8. Mamfaat bawang putih untuk Cacingan
9. Mamfaat bawang putih untuk Nyeri haid / menstruasi
10. Mamfaat bawang putih untuk Migrain ( sakit kepala sebelah )
11. Mamfaat bawang putih untuk Perut kembung
12. Mamfaat bawang putih untuk Bisul
13. Mamfaat bawang putih untuk Sakit Maag
14. Mamfaat bawang putih untuk Flu
15. Mamfaat bawang putih untuk Masuk angin
16. Mengobati kesusuban atau tertusuk dan ingin mengeluarkan serpihan kaca, kayu atau duri
17. Mamfaat bawang putih untuk Ambeien / Wasir
18. Mamfaat bawang putih untuk Cantengan
19. Mamfaat bawang putih untuk gigitan binatang beracun/berbisa
20. Mamfaat bawang putih untuk Mengatasi alergi
21. Mamfaat bawang putih untuk Membantu mengurangi lemak darah ( kolesterol )

Mengkonsumsi Bawang putih secara terus menerus akan menjaga tubuh dari serangan penyakit dan menjaga kekebalan tubuh.

Tanaman Bawang putih dapat tumbuh hampir di seluruh Indonesia, tetapi dengan kwalitas yang berbeda-beda, semakin besar umbi dari bawang putih maka harganya pun semakin mahal. Sekarang ini tanaman bawang putih sudah dijadikan sebagai tanaman industri, karena setiap tahun permintaan akan bawang putih yang semakin meningkat.

Merawat bawang putih sangat mudah sehingga anda bisa menanamnya di dalam pot atau pun di pekarangan rumah, selain itu, sebenarnya, nyamuk tidak begitu suka dengan aroma bawang putih. Penghasil bawang putih di Indonesia adalah Yogyakarta, Brebes, Nganjuk, Mojokerto khususnya kecamatan Pacet , dan pulai dewata Bali. Sedangkan penghasil bawang putih terbesar di dunia adalah Cina.

Yang membuat penulis (mungkin anda juga) sedikit terperangah adalah mengapa sangat banyak hasil tanaman pertanian bisa di import dari luar negeri, sementara negeri kita tercinta ini sangat subur, apapun bisa tumbuh dengan baik, mungkin anda sudah terbiasa mendengar sebuah anekdot seperti ini " Di tanah Indonesia kita ini, benih di lempar begitu saja pasti tumbuh dan bisa tumbuh dengan baik" nah........gimana, kalau tanaman itu kita urus dengan baik, anda pasti sudah bisa membayangkannya. Jadi, terlalu naif rasanya kalau kita sampai meng-import hasil tanaman atau buah-buahan dari luar negeri. Miris.......

Mari kita Galakkan/Peduli pada produk hasil bumi dalam negeri. Mari kita nomor satukan produksi dalam negeri.

No comments:

Post a Comment